Pages

 

WAPRES: PNPM Mandiri jadi rujukan internasional



pnpmmp trenggalek.- Wakil Presiden Boediono mengklaim jika Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri sudah diakui dunia sebagai salah satu program percontohan penanggulangan kemiskinan di pedesaan dan perkotaan yang melibatkan masyarakat.
“Saya tidak membual, tim penanggulangan kemiskinan PNPM Mandiri rutin mendapat tamu dari luar negeri yang ingin belajar mengenai program ini,” katanya saat membuka rapat kerja nasional PNPM Mandiri di Hotel Sahid Jakarta  hari ini.
Boediono menjelaskan Indonesia saat ini menjadi contoh dunia mengenai cara memberdayakan masyarakat dalam penanggulangan kemiskinan di negara berkembang. Sejumlah lembaga internasional berniat mengadopsi program tersebut untuk diterapkan di negara-negara berkembang lainnya. 
 Meskipun demikian, kata Boediono, program ini tak luput dari kebocoran dan penyelewengan. Dia mengaku masih mendapat laporan beberapa kasus penyelewengan PNPM Mandiri di beberapa daerah. Kasus ini, lanjutnya, sudah ditangani aparat berwenang.
 “Indonesia sudah tercatat di dunia terkait program ini, jadi kasus kecil penyelewengan itu harus dihilangkan,” ujarnya.
Boediono juga berjanji akan mempertahankan program ini hingga 2014 karena lebih banyak mendapat apresiasi dari masyarakat. Menurut Boediono, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga sudah setuju untuk mempertahankan PNPM Mandiri hingga masa kerja berakhir nanti.
 “Saya sudah berkomunikasi dengan Bapak Presiden, PNPM Mandiri dijamin dipertahankan hingga 2014,” ujarnya.
 Menurut Wapres, format PNPM mandiri juga lebih fleksibel sehingga bisa diterapkan di berbagai daerah dalam kondisi normal, maupun dalam kondisi darurat saat bencana.(Ase/wd)

Susunan Redaksi

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi/Penangggungjawab: Kang Regan S. Wapimred/Redpel: Mbakyu Luluk. Sekretaris Redaksi: Mbakyu Nuri. Bendahara Redaksi: Kang Topo. Dewan Redaksi: Kang Gunarji. Design Grafis/Layout: Mbakyu Sri. Redaktur /Kuntributor Berita : Mbakyu Umi, Lukito, Kristin, Fitria, Kang Sutrisno, Sujarman, Awan, Ridwan Sirkulasi/Iklan: Kang Narso. Transportasi: Mbakyu Tia Alamat Redaksi: Jalan WR. Supratman No. 1, Kelurahan Sumbergedong, Trenggalek (Kode Pos 66315), Jawa Timur. Telepon : (0355) 794466. E-mail Redaksi: pnpm.mpt@gmail.com