Pages

 

Atasi Tantangan Global, RI-Norwegia Perkuat Kerja Sama

pnpmmp trenggalek -
OSLO - Dalam kunjungan kerja singkat di Oslo, Norwegia, Menteri Luar Negeri RI Marty M. Natalegawa, melakukan pertemuan dengan Menlu Norwegia Jonas Gahr Store dan Menteri Lingkungan Hidup Norwegia Bard Vegar Solhjell. Pertemuan ini dimaksudkan untuk memperkuat kerja sama kedua negara.

Selama kunjungan yang dilakukan pada 19 hingga 20 April 2012, Menlu juga telah melakukan kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri Jens Stoltenberg dan melakukan pertemuan dengan Raja Harald V.

Dalam pertemuan dengan Menlu Jonas Gahr Store, kedua Negara menggarisbawahi kemitraan yang dibangun antara Indonesia dan Norwegia. Kemitraan ini mencerminkan komitmen kedua Negara untuk mengatasi berbagai tantangan global yang bersifat multidimensi pada tingkat bilateral.

Beberapa isu yang menonjol dalam kerja sama Indonesia dan Norwegia adalah di bidang Hak Asasi Manusia, demokrasi, lingkungan hidup khususnya sektor kehutanan, dan promosi moderasi dan sikap toleransi.

“Dialog HAM Indonesia dan Norwegia telah menjadi rujukan kerja sama antar Negara dalam membangun dialog dan kemitraan yang konstruktif untuk pemajuan HAM,” ujar Menlu RI dalam keterangan pers Kementerian Luar Negeri yang diperoleh okezone, Jumat (20/4/2012).

Kemajuan kerja sama REDD+ Indonesia dan Norwegia yang membahas mengenai sumber daya hutan, merupakan salah satu isu pokok dalam kunjungan Menlu RI ke Oslo. 

“Kemitraan Indonesia dan Norwegia dalam bidang REDD+, merupakan contoh nyata kolaborasi antara negara pemilik hutan tropis dan negara mitra, di saat tidak adanya kemajuan yang signifikan terkait komitmen global untuk mengatasi perubahan iklim," imbuh Marty.

Kedua Menteri juga membahas upaya untuk meningkatkan hubungan perdagangan kedua negara dan investasi kedua negara serta isu bilateral lainnya.

Dalam kaitan ini kedua Menlu menyepakati pembentukan Komisi Bersama Kedua negara untuk memonitor perkembangan implementasi kerja sama  di berbagai bidang.

Pada kesempatan tersebut, Kedua Menlu juga bertukar pandangan mengenai perkembangan isu-isu regional dan global yang menjadi perhatian bersama. 
(faj)

Susunan Redaksi

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi/Penangggungjawab: Kang Regan S. Wapimred/Redpel: Mbakyu Luluk. Sekretaris Redaksi: Mbakyu Nuri. Bendahara Redaksi: Kang Topo. Dewan Redaksi: Kang Gunarji. Design Grafis/Layout: Mbakyu Sri. Redaktur /Kuntributor Berita : Mbakyu Umi, Lukito, Kristin, Fitria, Kang Sutrisno, Sujarman, Awan, Ridwan Sirkulasi/Iklan: Kang Narso. Transportasi: Mbakyu Tia Alamat Redaksi: Jalan WR. Supratman No. 1, Kelurahan Sumbergedong, Trenggalek (Kode Pos 66315), Jawa Timur. Telepon : (0355) 794466. E-mail Redaksi: pnpm.mpt@gmail.com