Pages

 

UPS – LKM SEJAHTERA DAWUHAN RAIH JUARA 2 BKB TINGKAT KABUPATEN


Kata “sosial” tidak asing bagi kita muali dari program pemerintah maupun  yang digalang oleh para swadaya masyarakat namun untuk menuju atau hakekat sosial yang sukses seuai harapan msyarakat tidaklah mudah yang kita bayangkan. Mari kita simak bersama perjalanan unit penglola sosial Lembabaga Keswadayaan Masyarakat Sejahtera desa Dawuhan.
    Di tahun kedua (2010) UPS-LKM Sejahtera Dawuhan telah melaksanakan beberapa kegiatan. Satu di antaranya adalah kegiatan Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB). Sebenarnya kelompok BKB merupakan program pemerintah sejak beberapa tahun lalu, sehingga banyak kita saksikan logo/tulisan BKB di beberapa tempat. Halaman balai desa/kelurahan, perkantoran maupun di sudut-sudut jalan. Namun logo tinggallah logo, dan kegiatan BKB di lingkungan kamipun hidup enggan matipun tak mau.
Bertolak dari kenyataan ini Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Rujak Polo Dawuhan tergugah untuk membuka dan melaksanakan BKB di desa Dawuhan. Selama 6 bulan (September 2011 s/d Februari 2012) ngangsu kaweruh dan melaksanakan canneling ke BPPKB kecamatan Trenggalek, hingga terbentuklah kelompok BKB Permata Bunda dengan segala kegiatannya.
Kegiatan kelompok BKB Permata Bunda Dawuhan diantaranya : penyuluhan, stimulasi tumbuh kembang balita, Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita, tabulin, tabumas, simpan pinjam, senam hamil, rekreasi, kunjungan rumah, rujukan, jajag pendapat, pembinaan, pengisian Kartu Kembang Anak (KKA) dan evaluasi. Evaluasi yang dilakukan ada 2, yaitu :
1.    Evaluasi intern, Evaluasi ini dilakukan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Rujak Polo kepada anggota BKB melalui Kartu Kembang Anak.
2.    Evaluasi Ekstern. Evaluasi ini dilakukan oleh BPPKB Kecamatan Trenggalek dan PKK, KB, Kesehatan Kabupaten Trenggalek terhadap kegiatan yang dilaksanakan.
Satu bulan sesudah pelaksanaan evaluasi ekstern, terbitlah pengumuman bahwa BKB Permata Bunda Dawuhan yang dibuka oleh UPS-LKM Sejahtera meraih juara 2 tingkat Kabupaten. Hal ini membuktikan bahwa kehadiran UPS yang Cuma membuka kegiatan sangatlah berarti. Yang membanggakan lagi, walaupun 2 tahun berlalu “Kelompok BKB” ini masih exis dan berjalan dengan dana swadaya murni. Ayo ……………………gabung, dukung dan kunjungi kami di BKB Permata Bunda RT 008 RW 002 No. 123 desa Dawuhan Kec./Kab. Trenggalek. (bmp/Nuri)

Susunan Redaksi

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi/Penangggungjawab: Kang Regan S. Wapimred/Redpel: Mbakyu Luluk. Sekretaris Redaksi: Mbakyu Nuri. Bendahara Redaksi: Kang Topo. Dewan Redaksi: Kang Gunarji. Design Grafis/Layout: Mbakyu Sri. Redaktur /Kuntributor Berita : Mbakyu Umi, Lukito, Kristin, Fitria, Kang Sutrisno, Sujarman, Awan, Ridwan Sirkulasi/Iklan: Kang Narso. Transportasi: Mbakyu Tia Alamat Redaksi: Jalan WR. Supratman No. 1, Kelurahan Sumbergedong, Trenggalek (Kode Pos 66315), Jawa Timur. Telepon : (0355) 794466. E-mail Redaksi: pnpm.mpt@gmail.com