Pages

 

LEMBAGA KESWADAYAAN MASYARAKAT (LKM) GIRI KUNCUNG KELURAHAN NGANTRU

Tatkala telinga kita mendengar kalimat GIRI KUNCUNG, baik pikiran, angan-angan bahkan perasaan kita pasti langsung tertuju pada sebuah kelurahan yang berada persis di jantung kota Trenggalek.
Kelurahan tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah Kelurahan Ngantru Kecamatan/Kabupaten Trenggalek. Betapa tidak karena di Kelurahan tersebut berdiri dengan cantik dan megahnya, sebuah gunung yang menghadap persis ke pusat pemerintahan Kabupaten Trenggalek tercinta ini, masyarakat banyak menyebutnya gunung tersebut adalah Gunung Kuncung.
    Keberadaan gunung tersebut seakan membawa sejuta inspirasi dan semangat bagi masyarakat Ngantru khususnya dan Trenggalek pada umumnya.
Karena baik di tatanan bawah, lembah, maupun puncak gunung tersebut setiap hari berkumpul banusia sedang bekerja bercocok tanam untuk menghidupi keluargannya, mencari rumput untuk pakan ternak mereka maupun para pecinta lingkungan hidup menanam pohon pelindung dan sekedar yang berjalan-jalan menghirup udara yang segar.
    Atas dasar pertimbangan di ats tatkala bergulir kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM + MP) istilah Giri Kuncung langsung diangkat sebagai LKM (Lembaga Keswadayaan Masyarakat) di kelurahan Ngantru.
Di kandung harapan cirri khas Giri Kuncung yang sebagai tempat yang menjulang tinggi dan melindungi masyarakat yang ada di bawahnya dapat dicontoh para pengurus LKM Giri Kuncung di kelurahan Ngantru ini.
Maka tak ayal lagi ketika benar-benar LKM Giri Kuncung dicanangkan pada tahun 2009, seakan melesat dari anak panah. Seluruh program-program dilaksanakan dengan cepat dan tepat, baik yang berada di bidang social, bidang ekonomi maupun bidang fisik sarana prasarana, sebagai wujud dari membantu para masyarakat miskin mempertahankan urat nadi perekonomian dan kehidupan sehari-hari.
Dengan dimotori oleh 13 LKM, 1 UPL, 1 UPS dan 1 UPK serta seorang sekretaris di awal tahun-tahun pertama (tahun 2009) ini, PNPM Giri Kuncung telah mampu melaksanakan amanahnya, yang terbilang luar biasa.
Dengan kekompakannya dan saling bahu-membahu dengan masyarakat akhirnya banyak program yang sukses dilaksanakan pada tahun tersebut.
1.    Bidang Fisik/Prasarana
-    Ratusan meter jalan Paving
-    Ratusan meter saluran
2.    Bidang Ekonomi
-    Jutaan rupiah yang telah terserap dalam simpan pinjam tanggung renteng
3.    Bidang Sosial
-    Pemberian santunan pada lansia
-    Pemberian tambahan gizi pada balita
-    Pemberian Bea Siswa bagi anak sekolah keluarga kurang mampu.

Adapun 13 motor LKM pada awal tahun-tahun berdiri adalah :
1.    H. IMAM FUADI
2.    UNTUNG ADI SANTOSO
3.    FERI KATMIATI
4.    DARMINI
5.    MUGO UTOMO, S.SOS
6.    Drs. TUKIRAN
7.    SUJIONO
8.    YASIN
9.    TRI ERAWATI
10.    WIWIK KUSTINI
11.    SOEROFI AHMAD
12.    LAYLAM IKRIMAH
13.    SRIMI
Sedangkan sekretaris dijabat oleh: PUJI YULIS TRIANI.
Para UP pada saat itu adalah :
1.    UPK dijabat oleh FITRIA ERMA R
2.    UPL dijabat oleh SUJARMAN
3.    UPS dijabat oleh SUTRISNO

Sekali lagi dengan BLM Rp. 200.000.000,00 di tahun 2009 telah membuka cakrawala pandang tentang PNPM MP di Kelurahan Ngantru.

LKM Giri Kuncung seperti sifat Gunung Kuncung yang mengayomi masyarakat yang ada di bawahnya, tahun 2010 atau tahun ke 2  PNPM (MP) tetap eksis keberadaannya. Meski dana BLM yang diterimanya Cuma separuh dari tahun sebelumnya yakni Rp. 100.000.000,00.

Tahun inipun mampu menyelesaikan beberapa kegiatan di 3 UP, ( baik UPK, UPL dan UPS).
Baik pengadaan dan pembenahan saluran, pengadaan jamban keluarga, pengadaan jalan paving dan rehap rumah dari UPL dan program kerja dari UPS berupa bantuan makanan tambahan kepada BALITA GIZI BURUK serta penagdaan Program KAMBING BERGULIR.

Meski ada pergantian motor di tubuh LKM, dan UP di Giri Kuncung ini namun semangatnya tetap luar biasa.
Adapun LKM yang telah mengalami perubahan adalah :
1.    UNTUNG ADI SANTOSO
2.    MUGO UTOMO, S.SOS
3.    Drs. TUKIRAN
4.    SUJIONO
5.    YASIN
6.    TRI ERAWATI
7.    WIWIK KUSTINI
8.    SOEROFI AHMAD
9.    LAYLAM IKRIMAH
10.    SRIMI
11.    SUTRISNO
12.    SOEKEMI
13.    ENDANG RAHAYU M

Sekretaris     :     FERY KATMIATI
UPK        :        DARMINI
UPL        :        SUJATMAM
UPS        :        GUNARJI

Dengan para motor inilah, tahun 2011 mendapatkan dana optimalisasi karena kinerjannya bagus dan disiplin.

Susunan Redaksi

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi/Penangggungjawab: Kang Regan S. Wapimred/Redpel: Mbakyu Luluk. Sekretaris Redaksi: Mbakyu Nuri. Bendahara Redaksi: Kang Topo. Dewan Redaksi: Kang Gunarji. Design Grafis/Layout: Mbakyu Sri. Redaktur /Kuntributor Berita : Mbakyu Umi, Lukito, Kristin, Fitria, Kang Sutrisno, Sujarman, Awan, Ridwan Sirkulasi/Iklan: Kang Narso. Transportasi: Mbakyu Tia Alamat Redaksi: Jalan WR. Supratman No. 1, Kelurahan Sumbergedong, Trenggalek (Kode Pos 66315), Jawa Timur. Telepon : (0355) 794466. E-mail Redaksi: pnpm.mpt@gmail.com