Pages

 

Nominator Penghargaan Kompak Award PNPM-MP 2012

PNPMMP TRENGGALEK Desa Takeas di Kecamatan Miomafo Timur, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), NTT terpilih sebagai salah satu nominator peraih penghargaan Kompak Award PNPM Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) tahun 2012.
Takeas dinilai berhasil dalam menyusun Rencana  Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes).
Desa Takeas akan bersaing dengan dua desa lainnya masing-masing dari Blitar, Jawa Timur dan Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan untuk mendapatkan penghargaan Kompak Award PNPM-MP tahun 2012.
Masuknya Desa Takeas sebagai salah satu  nominasi Kompak Award 2012 disampaikan Staf Sekretariat Pembinaan PNPM-MP Direktorat Jenderal PMD Kementerian Dalam Negeri, Yosef Dapa Bili dalam pertemuan dengan Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes, S.Pt di kantor Bappeda TTU, Selasa (20/3/2012).
Dapa Bili mengatakan, kelebihan dari RPJMDes Desa Takeas terletak pada kekuatan partisipasi masyarakat dalam Penyusunan RPJMDes.
Menurutnya, Kompak Award merupakan apresiasi  terhadap perencanaan yang dilakukan masyarakat khususnya dalam Program PNPM-MP. Dengan Perencanaan Partisipatif yang dikembangkan PNPM-MP, jelas Dapa Bili, mengubah pola perencanaan yang selama ini terkesan teknokratis dan formalitas.
Masuknya Takeas sebagai salah satu nominasi Kompak Award, demikian Dapa Bili juga karena keterlibatan  Pemerintah Daerah terutama bupati dan wakil bupati dalam setiap penyusunan RPJMDes.
"Proses penyusunan perencanaan partisipatif di TTU sudah berjalan cukup baik. Terbukti dengan masuknya Desa Takeas sebagai salah satu nominasi Kompak Award 2012. Apalagi tahun ini sudah ada forum SKPD. Kita berharap ke depan pola perencanaan partisipatif ini dikuatkan melalui instruksi bupati atau Peraturan Bupati atau lebih baik lagi jika diatur dengan Peraturan Daerah,” demikian Dapa Bili.
Menanggapi terpilihnya Takeas menjadi salah satu nominator Kompak Award 2012, Bupati Raymundus mengatakan, akan memacu desa lain di daerah itu untuk berusaha lebih baik khususnya dalam perencanaan.
Raymundus mengungkapkan, terpilihnya Takeas sebagai salah satu nominator Kompak Award menunjukkan  bahwa Pemerintah Pusat memberikan perhatian terhadap perencanaan yang dibuat masyarakat.
"Perencanaan Partisipatif memang sudah kita mulai tahun ini dalam rangka memperkuat perencanaan pembangunan di desa karena mulai tahun ini ada 24 desa  di 24 kecamatan di TTU yang mendapat dana Rp 300 juta/ desa  dari  program Sari Tani. Dana tersebut bersifat hibah dan disalurkan langsung ke rekening desa. Dana ini akan menjadi modal dasar bagi desa yang dikelola pemerintah desa untuk pengembangan desa. Tidak dikembalikan lagi ke pemerintah,” kata Raymundus.
Kompak Award Mandiri Pedesaan digelar dalam rangka apresiasi terhadap pelaku perencanaan pembangunan yang memiliki dedikasi dan tanggung jawab terhadap perencanaan di pedesaan yang difasilitasi PNPM Mandiri.
Menurut rencana, Kompak Award akan diserahkan Wakil Presiden, Budiono di Jakarta, 27 Maret mendatang di hadapan Seluruh pimpinan daerah se-Indonesia di Jakarta. ntt

Susunan Redaksi

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi/Penangggungjawab: Kang Regan S. Wapimred/Redpel: Mbakyu Luluk. Sekretaris Redaksi: Mbakyu Nuri. Bendahara Redaksi: Kang Topo. Dewan Redaksi: Kang Gunarji. Design Grafis/Layout: Mbakyu Sri. Redaktur /Kuntributor Berita : Mbakyu Umi, Lukito, Kristin, Fitria, Kang Sutrisno, Sujarman, Awan, Ridwan Sirkulasi/Iklan: Kang Narso. Transportasi: Mbakyu Tia Alamat Redaksi: Jalan WR. Supratman No. 1, Kelurahan Sumbergedong, Trenggalek (Kode Pos 66315), Jawa Timur. Telepon : (0355) 794466. E-mail Redaksi: pnpm.mpt@gmail.com