Pages

 

BANTUAN BENCANA TANAH LONGSOR & BLM DESA SUKOSARI TRENGGALEK

Bencana Tanah Longsor yang terjadi Desa Sukosari mamang tidak terlalu parah bila dibanding becana tanah longsor dan banjir bandang di Jawa Tengah atas kesigapan Koordinator LKM Lestari bapak Drs. Yatiman Abdul Karim di dampingi KSMnya mbak Murjiah bencana longsor segera teratasi, biarpun batuan dari program PNPM mandiri perkotaan tidak terlalu banyak tapi mendengar komentar para penerima manfaat nilainya sungguh luar biasa sebab bantuan tersebut langsung bias dirasakan.
Salah satu dari anggata KSM Lestari yang juga menangani bencana ini di samping beliau aktivis pencinta Alam secara akademisi bercerita tentang sebab musabab tanah longsor pada Tabloit PNPM- MP Trenggalek, “ Ancaman tanah longsor biasanya dimulai pada bulan November seiring meningkatnya intensitas hujan. Musim kering yang panjang akan menyebabkan terjadinya penguapan air di permukaan tanah dalam jumlah besar. Muncul-lah pori-pori atau rongga tanah, kemudian terjadi retakan dan rekahan tanah di permukaan. Pada saat hujan, air akan menyusup ke bagian yang retak. Tanah pun dengan cepat mengembang kembali. Pada awal musim hujan, kandungan air pada tanah menjadi jenuh dalam waktu singkat. Hujan lebat pada awal musim dapat menimbulkan longsor karena melalui tanah yang merekah itulah, air akan masuk dan terakumulasi di bagian dasar lereng, sehingga menimbulkan gerakan lateral. Apabila ada pepohonan di permukaan, pelongsoran dapat dicegah karena air akan diserap oleh tumbuhan. Akar tumbuhan juga berfungsi sebagai pengikat tanah.” Ceritanya..
Warga Desa sukosari dalam melalui Program Nasional Ppemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan Trenggalek baru – baru ini bulan Jaunuari 2011 di saksikan oleh bapak Kades Sukosari dan Faskel Jatim 09 koordinator LKM melalui KSMnya telah menyampaikan bantuan langsung masyarakat yang kurang beruntung berupa sembako, asupan Gisi anak balita di balai Desa Sukasari, kegiatan ini bagi warga sangat menuntungkan dan menbantu yang benar – benar membutukan. Dari ketua KSM Mbak Murjiah  yang menangani berkat bimbingan faskel dalam penyampainya sangat selektif dengan di dukung data – data yang akurat sehingga jauh dari penyalahgunaan atau nsalah sasaran. “ kami haran kapada Faskel yang begitu telaten dan penuh rasa persaudaraan kalau bahasa jawa … sugguh aruh sumeh tapi teges.. artinya biarpun menjalakan tugas dengan senyum dan santun tapi sangat tegas.” Kisah dari penerima manfaat BLM.
Secara terpisah Bapak Kepala Desa Sukosari mengucapkan sangat terimakasih pada kegiatan PNPM-MP Trenggalek Juga Mengucapkan Selamat Atas Terbitnya Tabloit PNPM-Mandiri Perkotaan Kcm./Kab. Trenggalek. (tmp-nuri)

Susunan Redaksi

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi/Penangggungjawab: Kang Regan S. Wapimred/Redpel: Mbakyu Luluk. Sekretaris Redaksi: Mbakyu Nuri. Bendahara Redaksi: Kang Topo. Dewan Redaksi: Kang Gunarji. Design Grafis/Layout: Mbakyu Sri. Redaktur /Kuntributor Berita : Mbakyu Umi, Lukito, Kristin, Fitria, Kang Sutrisno, Sujarman, Awan, Ridwan Sirkulasi/Iklan: Kang Narso. Transportasi: Mbakyu Tia Alamat Redaksi: Jalan WR. Supratman No. 1, Kelurahan Sumbergedong, Trenggalek (Kode Pos 66315), Jawa Timur. Telepon : (0355) 794466. E-mail Redaksi: pnpm.mpt@gmail.com