Pages

 

Pentingnya Sosialisasi

pnpmmp trenggalek - Siapa bilang wanita hanya bisa di “Dapur, Sumur dan Kasur saja”, ternyata tidak sepenuhnya benar, hal ini telah dibuktikan oleh KSM Bersih Rapi BKM Dukuhturi Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes dalam pekerjaan rabat beton di wilayah RT 2/RW 6 yang merupakan akses keluar menuju jalan utama Kecamatan Bumiayu. Dengan semangat yang dimiliki wanita-wanita tangguh ini ikut serta dalam pelaksanaan pengecoran jalan,tidak mau kalah dengan para lelaki, mereka membaur bersama untuk bisa menyelesaikan jalan rabat beton. Sungguh suasana yang luar biasa mereka bergotong royong, terik matahari yang panas tidak dirasa walau terlihat keringat bercucuran keluar dari kulitnya tetapi tetap semangat dan jalan terus dihiasi senyum-senyum manis dari gurau candanya. Tangan lembutnya berlumuran adukan semen, sekali-kali diluruskan pertanda tangan yang sudah lelah tatapi tetap tak dirasa dan seakan hilang tertutup dengan semangat kebersamaan yang tanpa membedakan derajat kedudukan, kaya maupun miskin maupun pejabat atau rakyat biasa.
Jalan RT 02/RW 6 merupakan akses satu-satunya menuju pasar raya kecamatan bumiayu dan akses keluar kota menuju jalan lingkar bumiayu. Dengan kondisi sebelumya berupa jalan batu dan tanah yang ketika hujan sulit dilalui karena licin dan sangat becek (kumuh), kenyamanan jalan sangat tidak terpenuhi. Anak sekolah bila melewati jalan tersebut dengan sepedamotor atau sepeda biasa terpaksa harus turun agar tidak terpeleset dan jatuh, karena sering terjadi kecelakaan, terpeleset bila melaluinya.
Setelah melalui rembuk dari tingkat RT hingga tingkat keluruhan akhirnya jalan rabat beton masuk dalam pekerjaan yang diprioritaskan untuk bisa dilaksanakan dari dana BLM PNPM mandiri perkotaaan sebagai dana stimulan, hal ini disambut baik warga RT 2/RW 6 baik dari bapak-bapak maupun ibu-ibu untuk berpartisipasi mensukseskan kelancaran pelaksanaan pekerjaan jalan rabat beton. Melalui proposal yang dibuat kesepakan swadaya maupun aturan main lainya telah disepakati oleh KSM Bersih Rapi sebgai perwaklian Warga sekitarnya dan dipercaya sebagai panitia pelaksana pekerjaan. KSM Bersih rapi bersama BKM Dukuhturi Membuat perjanjian pelaksanaan pekerjaan disepakati bersama dengan memahami tugasnya masing-masing, dengan tujuan mulia penanggulangan kemiskinan.
Jalan sepanjang 480 meter yang direncanakan lebar 1,50 meter dengan dana BLM PNPM Mandiri Perkotaan sebesar Rp. 25 000 000,- (dua puluh lima juta rupiah) dan swadaya Rp. 5 000 000,- (lima juta rupiah), dilaksanakan oleh KSM Bersih Rapi yang diketuai oleh Bapak Saefudin yang sekaligus sebagi tokoh masyarakat di RT 02/06 yang bisa dibilang sebagai panutan warganya. Hal ini juga merupakan strategi BKM Dukuhturi yang dikoorinasikan oleh Bapak Rahmat dalam memilih ketua KSM, agar partisipasi masyarakat tergali seiring dengan swadaya masyarakat yang diharapkan bisa maksimal.
Melaui sosialisasi yang terus menerus oleh BKM dan KSM sebelum pelaksanaan pekerjaan diharapkan bisa menanamkan rasa kepedulian masyarakat untuk berpartisipasi bahu- membahu bersama menyelesaikan pekerjaan jalan rabat beton. Setelah ada kepedulian, mau melaksanakan akhirnya muncul rasa memiliki sehingga dalam pelaksanaan akan memberikan segala yang terbaik baik dari kualitas maupun kuantitas, kemudian akhirnya munculnya rasa untuk memelihara serta memanfaatkan sebagaimana fungsinya.
Saat Musyawarah Persiapan pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi (MP2K) dilaksanakan, semua masyarakat dikumpulakan terutama masyarakat sekitar pelaksanaan pekerjaan diberikan aturan main secara teknis, administrasi dan metode pelaksanaan yang benar, sekaligus menagih swadaya yang telah disepakati dalam proposal dengan harapan pekerjaan berjalan dengan lancar terwujutnya kualitas teknis yang memadai serta kuantitas yang diharapkan. Ternyata masyarakat tetap antusias, tidak hanya dari bapak-bapak tapi dari ibu-ibu lebih bersemangat menunjukkan kesanggupan yang luar bisa dalam kelancaran pekerjaan rabat beton.
Dalam pelaksanaanya jalan yang direncanakan lebar 1,50 meter yang terpasang dilapangan menjadi 2 meter dengan panjang tetap 480 meter. Hal ini menunjukkan bahwa jalan rabat beton di RT 02/06 betul –betul dibutuhkan oleh masyarakat, tercermin dari kepedulian dan partisipanya baik dari bapak-bapak maupun ibu-ibu yang ikut pengecoran maupun ibu-ibu yang menyiapakan makanan dan minuman.
Kini jalan rabat beton sudah selesai transportasi menjadi lebih lancar, semangat untuk bekerja, belajar serta mensejahterakan keluarga lebih pasti,secara umum akan meningkatkan perekonomian masyarkat RT 02/06 dan Desa Dukuhturi yang lebih mendukung PNPM Mandiri Perkotaan dalam penanggulangan kemiskinan.
Kunci keberhasilan KSM Bersih lancar dalam PNPM Mandiri Perkotaan dimulainya dari keberhasilanya mensosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif dan berpartisipasi langsung dalam setiap kegiatan. Yang kedua penentuan prioritas pekerjaan yang memang dilandasi dari aspirasi seluruh lapisan masyarakat yang memang merupakan kebutuhan bersama sebagai solusi menyelesaikan persoalan yang lingkungan sekitar, ini akan lebih banyak mendukung munculnya kepedulian yang tinggi ditinggkat masyarakat sekitar. Ditulis oleh: Taufiqurrokhman (Askot Infra Kab. Brebes)

Susunan Redaksi

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi/Penangggungjawab: Kang Regan S. Wapimred/Redpel: Mbakyu Luluk. Sekretaris Redaksi: Mbakyu Nuri. Bendahara Redaksi: Kang Topo. Dewan Redaksi: Kang Gunarji. Design Grafis/Layout: Mbakyu Sri. Redaktur /Kuntributor Berita : Mbakyu Umi, Lukito, Kristin, Fitria, Kang Sutrisno, Sujarman, Awan, Ridwan Sirkulasi/Iklan: Kang Narso. Transportasi: Mbakyu Tia Alamat Redaksi: Jalan WR. Supratman No. 1, Kelurahan Sumbergedong, Trenggalek (Kode Pos 66315), Jawa Timur. Telepon : (0355) 794466. E-mail Redaksi: pnpm.mpt@gmail.com