Pages

 

APA BISA BLM SAMADENGAN SWADAYA DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR

Judul di atas sungguh merupakan tantangan kita dalam menggerakkan kemauan dan kemampuan masyarakat dalam membangun lingkungannya setelah disentuh oleh PNPM  Mandiri Perkotaan.
Dalam benak para pengurus LKM Giri Kuncung lewat RWT (Rembug  Wraga Tahunan 2011) pernah tercetus ungkapan dan usulan, yang berbunyi “ANDAIKATA MASYARAKAT PENERIMA BLM BISA MENYIAPKAN DANA SWADAYA YANG BESARNYA SAMA DENGAN BLM, MAKA HASIL PEMBANGUNAN YANG KITA LAKSANAKAN AKAN TERCAPAI 200 %”. Usulan tersebut sempat muncul ke permukaan lewat para KSM, yang diminati para ketua RT dan RW se Kelurahan Ngantru, dalam RBT yang baru lalu.
Menanggapi usulan tersebut PK LKM Giri Kuncung UNTUNG ADI SANTOSO bersama para LKM lainnya menanggapi dengan lugas dan serius. BISA dan PASTI BISA. Jawaban tersebut memang sangat beralasan karena LKM Giri Kuncung ini sudah sangat beralasan karena LKM Giri Kuncung ini sudah memasuki tahun ke 3, sudah banyak sosialisasi yang diberikan kepada masyarakat dan sudah banyak masyarakat yang mulai sadar, akan pentingnya membangun lingkungan dengan dana BLM PNPM yang harus disertai Swadaya masyarakat.
Sebagai realisasi dari maksud di atas, dalam penggunaan Dana OPTIMALISASI tahun 2011ini, LKM Giri Kuncung yang membentuk 8 KSM fisik infrastruktur, menunjuk salah satu KSM sebagai samplenya yaksi KSM WERKUDARA, yang membangun 150 M saluran air (Drainar) V : 30 cm yang berlokasi di RT 21 RW 07 Sosutan Kelurahan Ngantru.
KSM WERKUDARA yang dimotori para pengurus RT 21 tersebut nampaknya serius menerima kegiatan ini, meskipun rentang waktu pelaksanaannya mulai 22 Februari dan pertengahan Maret 2012 harus sudah rampung termasuk LPJ nya.
Dari BLM yang diserahkan ke KSM Werkudara senilai 13.000.000 (Tiga belas juta rupiah), untuk membangun saluran air sepanjang 150 m dengan kedalaman 40 cm dan lebar 30 cm serta pasangan tepi 15 cm tersebut, pada tanggal 8 Maret 2012 saat penyampaian LPJ telah dapat membangun saluran sepanjang 192 m, kedalaman 40 cm, lebar 30 cm dan pasangan tepi 30 cm.
Menurut keterangan Faskel Teknik LELY DEVITASARI dan UPL – LKM Giri Kuncung Ngantru AGUS SUPRAPTO, yang berkunjung ke lokasi mengatakan : “Ini adalah hal yang luar biasa, bisa menyerap dana lebih dari dana BLM dan swadaya yang diperkirakan sebelumnya”.
Kemudian kedua KSM WERKUDARA yang kebetulan Ketua RT 21 tersebut menjelaskan , sampai hari ini tanggal 8 Maret 2012 ketika LPJ kami serahkan ke LKM, kami nanti menggunakan dana dari BLM Rp. 13.000.000,- dan dari swadaya senilai Rp. 10.000.000,- (dari perkiraan dana sekitar Rp. 6.500.000,-). Dan kami masih memiliki sisa dana swadaya untuk meneruskan pembuatan saluran sekitar 27 m lagi, yang harus kami tuntaskan, meski laporan telah kami sampaikan, mengingat batas waktu LPJ dan setiap hari turun hujan. Mudah-mudahan awal April nanti kami dapat menyelesaikan seluruh rencana saluran yang diminta masyarakat. Sehingga dapat dipastikan besar dana BLM = Dana Swadaya. Bahkan disinyalir swadaya lebih dari itu sebab susai pembangunan saluran banyak warga yang membangun dan memperbaiki pagar pekarangannya.
Sekali lagi selamat buat KSM WERKUDARA yang dapat mewujudkan impian PK LKM Giri Kuncung UNTUNG ADI SANTOSO, lewat masukan dari para KSM di RWT (Rembug Wraga Tahunan) kemarin.

Susunan Redaksi

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi/Penangggungjawab: Kang Regan S. Wapimred/Redpel: Mbakyu Luluk. Sekretaris Redaksi: Mbakyu Nuri. Bendahara Redaksi: Kang Topo. Dewan Redaksi: Kang Gunarji. Design Grafis/Layout: Mbakyu Sri. Redaktur /Kuntributor Berita : Mbakyu Umi, Lukito, Kristin, Fitria, Kang Sutrisno, Sujarman, Awan, Ridwan Sirkulasi/Iklan: Kang Narso. Transportasi: Mbakyu Tia Alamat Redaksi: Jalan WR. Supratman No. 1, Kelurahan Sumbergedong, Trenggalek (Kode Pos 66315), Jawa Timur. Telepon : (0355) 794466. E-mail Redaksi: pnpm.mpt@gmail.com